Fungsi Palang Pintu Kereta Api

Palang pintu kereta api adalah alat keselamatan yang berfungsi untuk menghentikan kendaraan bermotor dan pejalan kaki saat kereta api sedang melintas di sebuah perlintasan sebidang. Palang pintu ini berupa papan kayu atau besi yang melintang di atas jalan pada kedua sisi perlintasan, dan biasanya dihubungkan dengan mesin otomatis yang secara otomatis menutup palang pintu ketika kereta api akan melintas.

Fungsi utama dari palang pintu kereta api adalah untuk memberikan sinyal kepada pengendara kendaraan bermotor dan pejalan kaki bahwa ada kereta api yang sedang melintas dan mereka harus berhenti atau tidak boleh melewati perlintasan sebidang tersebut. Palang pintu juga dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan di perlintasan sebidang, karena dapat menghalangi kendaraan bermotor dan pejalan kaki untuk melewati perlintasan sebidang ketika kereta api sedang melintas.

Dengan demikian, palang pintu kereta api memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keselamatan dan keamanan di sekitar perlintasan sebidang, dan merupakan salah satu alat keselamatan utama yang harus diperhatikan oleh semua pengguna jalan raya.

Write a comment